Menu Dan Fungsinya Pada Dashboard WordPress

Bagi yang suka blogging, WordPress bukanlah platform baru. Namun, bagi mereka yang baru saja terjun ke bidang ini, tentu akan bertanya-tanya, apa itu WordPress ? WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) berlisensi Open Source yang saat ini banyak digunakan untuk membuat website profesional di dunia.

CMS sendiri merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk membantu memudahkan admin website dan mempublikasikan kontennya melalui aplikasi ini ke dalam database serta bisa juga meminimalisir pengeditan file html/php jika membutuhkan fitur baru.

Apa itu Dashboard WordPress?

Dashboard WordPress adalah layar atau tampilan pertama yang akan terlihat saat Anda login ke area administrasi blog Anda yang akan menampilkan macam-macam menu berbentuk shortcut yang memiliki fungsi berbeda-beda. Menu yang dimaksud disini adalah kumpulan gadget yang memberikan informasi dan memberikan gambaran tentang apa yang terjadi dengan blog Anda. Anda juga dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan menggunakan beberapa tautan cepat seperti menulis draf cepat, membalas komentar terakhir, dll.

Jadi, pada artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal macam-macam menu dan fungsinya agar bisa memudahkan Anda dalam membuat artikel postingan, mengupload gambar dan file serta melakukan pengaturan sesuai kebutuhan dalam blog Anda.

Cara Masuk Dashboard WordPress

Untuk memulai menggunakan wordpress Anda harus masuk terlebih dahulu. Caranya cukup dengan menambahkan wp-admin atau wp-login.php di akhir alamat website Anda. Contohnya seperti ini :

http://nuansaku.com/wp-admin

http://nuansaku.com/wp-login

URL ini akan mengarahkan Anda ke tampilan login di mana Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password administrator.

Macam-Macam Menu Dan Fungsinya Pada Dashboard WordPress

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman Dashboard WordPress. Dan secara umum, tampilan Dashboard WordPress memiliki 3 (tiga) buah elemen utama yang terdiri dari bagian atas (Toolbar) bagian kiri (Menu Navigasi Utama) dan bagian kanan (Area Kerja Utama). Contohnya seperti gambar berikut :

1. Bagian Atas (Toolbar)
Memuat menu shortcut untuk mengakses ke halaman-halaman tertentu di wordpress.

2. Bagian Kiri (Menu Navigasi Utama)
Menu ini memiliki link yang terhubung ke seluruh layar administratif WordPress. Dimana menu tersebut terdiri dari beberapa submenu sebagai berikut :

Dasbor (Dashboard)

Dasbor merupakan halaman utama WordPress Admin  yang dari submenu Beranda  dan Pembaruan. Laman ini memuat informasi penting berupa notifikasi pembaruan dan ringkasan shortcut yang bisa mempermudah Anda dalam bekerja.

  • Beranda (Home) menampilkan beberapa wedget status atau informasi, baik bawaan wordpress atau dari plugin.
  • Pembaruan (Upadates) merupakan halaman informasi update wordpress, plugin atau tema.

 

 

 

 

Pos (Posts)

Pos merupakan menu khusus untuk postingan, kategori dan tag. Menu ini memiliki submenu yaitu Semua Pos, Tambah Baru, Kategori dan Tag.

  • Semua Pos (All Posts) berfungsi untuk menampilkan seluruh entry artikel baik yang sudah diterbitkan maupun masih dalam bentuk draft. Melalui tampilan submenu ini Anda bisa melakukan editing, melihat, atau bahkan menghapus postingan.
  • Tambah Baru (Add New) berfungsi untuk membuat postingan baru.
  • Kategori (Categories) berfungsi untuk mengelola daftar kategori, seperti membuat kategori baru, mengedit, atau menghapus kategori lama.
  • Tag (Tags) berfungsi untuk menampilkan daftar tag, membuat, mengedit dan menghapus tag

 

 

 

Media

Media merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola berkas atau file, baik itu berupa gambar, atau video. Submenu yang ada pada menu ini yaitu Pustaka dan Tambah Baru.

  • Pustaka (Library) berisi tentang daftar file-file yang sudah di upload ke dalam website. Pada bagian ini Anda juga bisa leluasa untuk mengedit atau menghapusnya.
  • Tambah Baru (Add New) berfungsi untuk menambah media baru dari luar blog. Fungsinya hampir sama dengan Post, namun ini bersifat statis dan tidak terikat oleh kategori, tanggal dan tags.

 

 

 

Laman (Pages)

Menu Laman ini sebenarnya hampir mirip dengan Pos. Namun, laman (pages) khusus untuk halaman statis seperti kebijakan privasi, tentang kami, kontak, disclaimer dan lainnya. Submenu pada bagian Laman ada 2 (dua) yaitu Semua Laman dan Tambah Baru.

  • Semua Laman (All Pages) berfungsi untuk mengedit laman yang sudah ada.
  • Tambah Baru (Add New) berfungsi untuk membuat laman baru.

 

 

 

 

 

Komentar (Comments)

Menu Komentar berfungsi untuk menampilkan semua komentar yang dikirimkan melalui postingan. Baik komentar yang sudah disetujui atau belum, semuanya ada pada menu ini.

 

 

Tampilan (Appereance)

Menu Tampilan berfungsi untuk medifikasi tampilan blog. Pada bagian ini tersedia beberapa submenu penting yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Tema (Template) berfungsi untuk mengatur tema. Bisa untuk mengupload, menghapus atau memilih dari daftar template yang disediakan pihak WordPress.
  • Sesuaikan (Costomize) berfungsi mengedit tata letak halaman website anda, disini anda bisa mengedit tampilan dengan di sediakan tampilan blog secara langsung. Jadi anda bisa mengubah tampilan blog sesuai dengan selera anda.
  • Widget, sebmenu ini bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik dan memperkaya bagian sidebar, footer, dan terkadang juga header.
  • Menu berfungsi untuk membuat menu yang ditampilkan di bagian header dan footer pada website Anda.
  • Penyunting Tema (Theme Editor) submenu ini bisa sangat berguna ketika Anda ingin menambahkan atau mengurangi kode/script code.

 

 

 

Plugin

Plugin merupakan fasiitas tambahan yang membuat website berbasis WordPress Anda semakin bertenaga. Pada menu Plugin terdapat submenu lain yaitu submenu plugin terpasang, tambah baru dan penyunting.

  • Plugin Terpasang (Installed Plugin) berfungsi untuk melihat daftar plugin yang sudah terpasang di website. Pada halaman ini Anda juga bisa menghapus plugin yang tidak digunakan, menonaktifkan yang tidak diperlukan dan sebagainya.
  • Tambah Baru (Add New) berfungsi untuk menambah plugin baru.
  • Penyunting Plugin (Plugin Editor), submenu ini biasanya dimanfaatkan oleh developer untuk melakukan kustomisasi dengan kode PHP dan CSS.

 

 

Pengguna (Users)

Menu Pengguna (Users) berfungsi untuk mengedit profil, melihat semua pengguna dan menambah pengguna baru. Menu ini juga sangat bermanfaat untuk mengakomodir kebutuhan Anda, jika Anda memiliki banyak penulis atau karyawan yang mengatur konten. Ada lima level peran pengguna yang bisa Anda setting secara berbeda, di antaranya adalah Administrator, Editor, Penulis, Kontributor, dan Pelanggan.

  • Semua Pengguna (All Users) berfungsi untuk melihat dan mengedit admin web/penulis blog,
  • Tambah Baru (Add New) berfungsi untuk menambahkan admin web/penulis blog.
  • Profil (Profile) digunakan untuk mengedit profil user yang sedang login.

 

 

 

 

Peralatan (Tools)

Menu ini berfungsi untuk impor dan ekspor blog wordpress. Selain itu, pada menu ini nantinya Anda juga bakal menemukan submenu tambahan yang bergantung pada jenis plugin yang Anda install.

 

 

 

 

 

 

 

Pengaturan (Settings)

Menu ini berisi pengaturan yang berhubungan dengan blog. Ada cukup banyak submenu yang bisa kita temukan, antara lain :

  • Umum (General) berfungsi untuk mengedit judul situs, slogan, url, email, tanggal dan lain sebagainya.
  • Menulis (Writing) merupakan pengaturan yang berhubungan dengan tulisan.
  • Membaca (Reading) berfungsi mengatur tampilan beranda. Bisa ditampilkan halaman statis atau pos-pos baru. Termasuk mengatur jumlah postingan pada halaman beranda.
  • Diskusi (Discusiion), pengaturan komentar blog.
  • Permalink (Permalinks) merupakan pengaturan untuk mengatur struktur link website anda.

 

 

3. Bagian Kanan (Area Kerja Utama)

Ketika Anda sudah login ke halaman Dashboard WordPress, akan terlihat modul selamat datang yang berisikan beberapa link yang berguna untuk membantu Anda menggunakan WordPress. Anda bisa menyembunyikan modul ini dengan menekan Selesai (Dismiss). Adapun modul lainnya, antara lain :

  • Screen Options. Dasbor berisi berbagai jenis widget yang dapat ditampilkan atau disembunyikan di beberapa layar. Ini berisi kotak centang untuk menampilkan atau menyembunyikan opsi layar dan juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bagian pada layar admin.
  • At a Glance. Bagian ini memberikan gambaran tentang posting blog Anda, jumlah posting dan halaman yang diterbitkan, dan jumlah komentar. Bila Anda mengklik link ini, Anda akan dibawa ke layar masing-masing. Ini menampilkan versi terkini dari menjalankan WordPress beserta tema yang sedang berjalan di situs ini.
  • Activity menunjukkan informasi singkat tentang post dan komentar terbaru. Modul ini juga menunjukkan status semua komentar serta daftar singkat mengenai komentar yang paling baru.
  • Quick Draft adalah editor posting mini yang memungkinkan penulisan, penyimpanan dan penerbitan sebuah pos dari panel admin. Ini termasuk judul untuk draft, beberapa catatan tentang draft dan menyimpannya sebagai Draft.
  • WordPress News. Modul ini menampilkan¬†berita terbaru seperti versi perangkat lunak terbaru, memperbarui, waspada, berita mengenai perangkat lunak dll dari blog WordPress resmi.

Tinggalkan Balasan