Pengertian Sidebar dan Fungsinya Pada WordPress

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Macam-Macam Menu dan Fungsinya di Dashboard WordPress. Dan Jika ini pertama kalinya Anda membuat website atau blog di WordPress, maka Anda akan menjumpai istilah “Sidebar”.

Apa itu Sidebar ?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan terkait Sidebar WordPress. Seperti namanya pengertian sidebar ini adalah bar di samping. Sidebar ini merupakan fitur dari theme yang dikenalkan sejak WordPress versi 2.2. Pada prinsipnya sidebar ini merupakan sebuah kolom vertikal untuk menampilkan informasi selain dari isi utama pada halaman situs tersebut. Pada setiap theme biasanya menyediakan sebuah sidebar pada bagian kiri atau bagian kanan dari isi utama halaman tersebut.

Pada sidebar ini juga berisi widget-widget di mana user administrator dapat melakukan pengaturan kustomisasi. Perlu dicatat pula bahwa pengertian sidebar juga berlaku pada platform website apa pun, termasuk WordPress. Berikut contoh-contoh atau tampilan sidebar :

 

 

 

 

 

Anda bisa menaruh apapun di situs selama ada widget khusus sebagai pendukungnya. Perlu diingat pula bahwa sidebar tidak harus berada di samping karena seiring dengan perkembangan website dari waktu ke waktu, fungsi semacam sidebar mulai muncul pada footer, misalnya sebagai footer kanan, footer tengah, atau footer kiri. Namun, karena sudah terlanjur populer disebut sebagai sidebar, maka tetap disebut sidebar, walaupun tempatnya berada di dalam footer. Lalu, apa saja kegunaan dan fungsi sidebar dalam website ?

5 Kegunaan Sidebar WordPress

Untuk mengkostumisasi area sidebar, buka Appearance lalu pilih Widgets dan drag-and-drop widget pilihan Anda.

Apabila Anda ingin membuat area lain, gunakan plugin Custom Sidebar. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengedit sidebar tanpa coding namun hasilnya tetap memuaskan.

Setelah Anda sudah menyediakan ‘tempat’. Lalu, apa yang harus diisi pada bagian tersebut ? Selain iklan, inilah beberapa rekomendasi kami :

1. Rekomendasi BacaanSetelah pengunjung sempat membaca postingan Anda, alangkah baiknya untuk tidak membiarkan pengunjung Anda pergi begitu saja setelah membaca satu postingan. Alihkan perhatian mereka pada postingan yang populer dan berhubungan dengan artikel yang baru saja dibaca. Tidak hanya menambah trafik, trik ini juga akan meningkatkan performa SEO Anda. Semakin lama pengunjung berada di situs Anda, maka semakin tinggi pula peringkat website di mesin pencari.

2. Fitur Sosial MediaPostingan yang berkualitas tentu harus dibagikan kepada orang lain. Oleh karena itu, pemilik website bisa meletakkan fitur sosial media sharing pada sidebar, sehingga pengunjung dapat membagikan postingan tersebut. Apabila terdapat kanal media sosial, maka tambahkan widget yang mengarahkan para pengunjung ke halaman akun media sosial tersebut.

3. Email Berlangganan
Jika para pengunjung website menyukai postingan sebuah konten, maka ada kesempatan bagus karena mereka pasti ingin tahu lebih jauh. Maka dari itu, cobalah untuk menambahkan email berlangganan pada sidebar. Dengan begitu, pengunjung bisa berlangganan agar dapat mendapatkan artikel atau informasi terbaru.

4. Reputasi Website
Pemilik website tentu tidak boleh malu untuk menunjukkan reputasinya. Baik itu berupa statistik berlangganan maupun testimonial. Reputasi yang baik tentu harus bisa  diperlihatkan kepada publik. Oleh karena itu, menampilkan reputasi pada sidebar akan menambah kepercayaan pengunjung, terutama bagi para pengunjung baru.

5. Sticky Sidebar

Sticky sidebar adalah fitur yang mempertahankan sidebar berada tetap di tempatnya dan para pengunjung dapat terus membaca konten tersebut. Contohnya, pada website ada postingan Anda yang cukup panjang. Selagi pengunjung sedang membaca postingan tersebut, maka sidebar tetap ada di tempatnya dan pengunjung bisa terus melihat konten pada sidebar tersebut.

Kesimpulan

Sidebar WordPress sering kali dipandang sebelah mata. Jika Anda tahu cara menggunakannya, sidebar sangat berpengaruh pada pertumbuhan website Anda.

 

Tinggalkan Balasan