PEMBUATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Di zaman yang semakin modern ini memang menuntut seseorang untuk memiliki wawasan luas tentang perkembangan teknologi yang tentunya semakin pesat dari waktu ke waktu mulai dari bidang transportasi, informasi maupun komunikasi. Apalagi internet di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok dan sesuatu hal yang tidak dapat terpisahkan hampir di semua orang baik kalangan dewasa maupun anak-anak.

Disini terdapat dua peran yaitu pengguna internet dan pembuat sistem informasi berbasis web. Bagi para pengguna internet tidak dituntut untuk memahami keseluruhan bagaimana suatu halaman web dapat dibuat. Mereka hanya memanfaatkan web yang tersedia untuk digunakan sesuai kebutuhan. Berbeda halnya dengan pembuat web yang harus memiliki kemampuan dan memahami dasar-dasar dan keseluruhan cara bagaimana sistem informasi bisa dibuat, bahasa pemrograman apa yang akan digunakan, serta bagaimana menyusun suatu program untuk membuat aplikasi tersebut sehingga menjadi sebuah halaman web yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

Pengertian Sistem Informasi

sistem informasi berbeda dengan aplikasi seluler. Sederhananya, sistem informasi adalah aplikasi yang sistem informasi, hanya bisa diakses melalui peramban seperti chrome, edge, firefox, dan lain-lain. Sementara mobile app (aplikasi seluler) adalah aplikasi berbasis android, iOS, atau windows.

Sistem Informasi berbasis web merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa pemrograman yang mendukung perangkat lunak berbasis web seperti HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Python, Php, Java serta bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa Pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) yakni bahasa standar yang digunakan untuk membangun aplikasi web. Sebuah aplikasi web akan selalu ada struktur HTML di dalamnya. Oleh karena itu HTML adalah bahasa pemrograman yang sangat wajib untuk dikuasai.

Kemudian bahasa pemrograman lain yaitu Java Script yang fungsinya untuk mengolah halaman web untuk menangani aksi-aksi dari user, dan animasi yang dijalankan di sisi mesin client. Javascript juga salah satu bahasa pemrograman sistem informasi yang harus dikuasai. Sedangkan CSS atau Cascading Style Sheet merupakan bahasa desain web (style sheet language) yang memiliki fungsi untuk mengatur tata letak dari halaman web, pewarnaan serta memperindah halaman web. CSS juga wajib dikuasai untuk pengembangan sistem informasi.

Sistem Informasi biasanya dibuat menggunakan kombinasi bahasa pemrograman yang dirancang untuk digunakan pada internet. Pada beberapa kasus, Sistem Informasi membutuhkan lebih sedikit RAM untuk dijalankan. Seperti sekarang ini, banyak browser permainan dibuat untuk dijalankan.

Manfaat dan Kegunaan Sistem Informasi

Saat ini banyak perusahaan-perusahaan menggunakan aplikasi web sebagai sarana pengembangan bisnis mereka. Tidak hanya itu, web application juga dapat digunakan sebagai alat untuk merencanakan sumber daya perusahaan dan untuk mengelola sumber daya perusahaan.

Wujud pelaksanaan dari perencanaan dan pengelolaan perusahaan dengan menggunakan aplikasi web diantaranya yakni sebagai pembuat invoice dan penyimpanan data di database. Selain itu, aplikasi web juga bisa digunakan untuk mengatur persediaan-persediaan yang ada di perusahaan. Fitur pengaturan persediaan ini sangat berguna bagi Anda yang membuka perusahaan ritel atau online shop. Aplikasi web juga berfungsi untuk melakukan monitoring. Anda bisa memonitoring sistem dalam hal tampilan dengan menggunakan sistem informasi.

Selain dapat digunakan dalam divisi marketing bisnis ritel, sistem informasi juga bisa Anda gunakan dalam divisi-divisi lainnya. Sistem Informasi bisa sangat membantu kinerja divisi HRD. Anda bisa menggunakan sistem informasi untuk mengelola data-data karyawan perusahaan Anda. Selain itu, bagi Anda yang bekerja di instansi pemerintahan, sistem informasi ini sangat bermanfaat. Sistem Informasi dapat membantu staff-staff instansi pemerintahan untuk keperluan administrasi, sistem manajemen kepegawaian, pengelolaan arsip dan data surat-surat. Dengan begitu, kinerja pemerintah akan lebih efektif dan efisien.

Dengan Sistem Informasi, Anda dapat mengintegrasikan sistem aplikasi kepegawaian berbasis web dengan aplikasi penghitung gaji berbasis web. Hal itu tentunya lebih efisien dibandingkan Anda harus mengintegrasikan kembali dua sistem tunggal agar saling berinteraksi satu sama lain. Selain itu, dengan sistem informasi penginstalan dan pemeliharaan akan lebih sederhana serta mudah. Sistem Informasi juga memungkinkan semua pengguna untuk bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Semua pengguna dapat langsung mengakses sistem informasi setelah pembaharuan telah terpasang di server host. Sehingga, Anda tidak perlu lagi melakukan pembaruan pada PC Anda. Semua pembaruan pada sistem informasi Anda ditangani oleh satu orang profesional sehingga hasil prediksi lebih tepat serta bisa diandalkan.

Anda tidak perlu lagi meragukan keamanan dari jaringan sistem informasi. Sistem Informasi menjaga keamanan data penggunanya. Data-data pengguna disimpan aman dalam server yang telah disediakan oleh layanan cloud computing. Selain itu, sistem informasi juga kebal terhadap berbagai masalah keamanan. Hal itu terjadi dikarenakan sistem  informasi mengalami upgrade dan tersimpan aman di dalam server. Apabila sistem informasi tersimpan aman di dalam server maka ia menjadi kebal terhadap virus. Selain itu, penyimpanan sistem informasi di dalam server juga memungkinkan Anda untuk melacak bug atau lubang keamanan sehingga bug tersebut bisa dengan mudah diperbaiki.

Fungsi lain yang dimiliki oleh sistem informasi selanjutnya yakni aplikasinya yang ringan serta mudah diakses melalui berbagai macam browser dengan koneksi internet atau intranet. Fungsi ini merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh sistem infromasi. Dengan sistem informasi, Anda, sebagai pengguna, bisa mengakses informasi ataupun data dari perusahaan dengan piranti apa saja, baik laptop, tablet, hingga smartphone.

CV. Nuansa GIS Konsultan Juga Melayani Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Web

Penggunaan sistem infromasi di kehidupan sehari-hari rupanya telah memberikan efek positif. Implementasi aplikasi web menjadi tidak ada batasnya dikarenakan penggunaannya yang kian hari kian dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, saat ini banyak platform-platform atau perusahaan IT yang menyediakan jasa pembuatan sistem infromasi.

Selain dari bidang jasa konstruksi, CV. Nuansa GIS Konsultan juga melayani pembuatan sistem infromasi serta pembutan website. Sebagai jasa pembuat website plus aplikasi yang profesional, Kami senantiasa berkomitmen untuk selalu memuaskan konsumen website-website berkualitas yang responsif. Website responsif merupakan website dengan tampilan serta fitur-fitur yang kompatibel bagi berbagai jenis perangkat elektronik, mulai dari personal computer hingga smartphone. Akses website responsif dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, sebagai perusahaan professional, Kami tentu akan bertanggung jawab terhadap project-project yang kami kerjakan. Kami juga bisa Anda andalkan untuk menjadi partner Anda dalam jasa pembuatan website.

Soal biaya, sistem infromasi memiliki biaya yang jauh lebih terjangkau. Hal tersebut terjadi dikarenakan ketika Anda menggunakan sistem infromasi, terjadi pengurangan biaya untuk dukungan dan pemeliharaan. Selain itu, sistem infromasi juga tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi sehingga Anda bisa menghemat budget pengeluaran Anda.

” Berikut Hasil Pembuatan Sisten Informasi Berbasis Web yang telah kami kerjakan : ”

INSPEKTORAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR.
Penyusunan Aplikasi Sistem Pengendalian Pengawasan Kabupaten Lombok Timur (SIMDALWAS - LOTIM)
INSPEKTORAT PROVINSI NTB.
Penyusunan Aplikasi Sistem Pengendalian Pengawasan Provinsi NTB (SIMDALWAS - NTB)